Blog File

Time Is Money

Alexa Info



Review www.mu-ri.blogspot.com on alexa.com

Blog Directory

Blog Protected


myfreecopyright.com registered & protected

Senin, 16 Mei 2011

Gampang Lupa karena Otak Menyusut



Tahukah anda bahwa otak manusia akan mengalami penyusutan seiring dengan bertambahnya usia? Diperkirakan, setelah berumur 60 tahun ada penyusutan di otak sebesar setengah sampai satu persen setiap tahunnya.

Dampak yang jelas terlihat akibat penyusutan otak ini adalah mulai berkurangnya daya ingat dan sering lupa atau demensia.

"Jadi, jangan heran kalau orang yang usia lanjut sudah mulai merasakan sering lupa. Itu wajar, dan merupakan bagian dari poses penuaan," kata Raul Sibarani, spesialis saraf dalam seminar awam tentang demensia di MRCCC Siloam, Jakarta, Sabtu, (14/5/2011).

Menurut Raul, bagian otak yang lebih awal mengalami penyusutan adalah hipokampus. Bagian otak ini berperan untuk merekam rangsangan-rangsangan dari luar untuk bisa masuk atau direkam dalam otak.

Hipokampus merupakan bagian dari sistem limbik dan berperan pada kegiatan mengingat (memori) dan navigasi ruangan. Istilah hipokampus diturunkan dari bentuknya pada potongan koronal yang menyerupai kuda laut.

Pada pasien yang mengalami demensia Alzheimer, kata Raul, hipokampus menjadi bagian otak yang pertama kali mengalami kerusakan. Pada penderita Alzheimer, proses berkembangnya kerusakan pada sel-sel otak di hipokampus bukanlah bagian normal dari penuaan.

"Kesulitan mengingat dan kehilangan orientasi menjadi gejala utamanya," jelasnya.

Selain karena kerusakan hipokampus, demensia Alzheimer dapat juga disebabkan terganggunya sel saraf yang disebut sinaps. Sinaps adalah hubungan antara sel saraf yang satu dengan yang lain, atau komunikasi sel saraf satu dengan yang lain.

Raul menjelaskan, seseorang yang sel sarafnya bagus, tapi kalau sinapsnya terganggu, maka otomatis akan terganggu pula proses berpikirnya. "Jadi demensia Alzheimer itu sebetulnya, yang terganggu adalah sel saraf yang satu dengan yang lain," terangnya.

Pada pasien Alzheimer, kerusakan sinaps disebabkan oleh adanya suatu enzim yang menyebabkan adanya penumpukan plak-plak di otak. "Jangan heran kalau otak penderita Alzheimer itu diotopsi, dibuka ternyata ada plak-plak, seperti item-item. Itu menandakan terjadi kerusakan," pungkasnya.

Share111

Komentar :

ada 287 Komen Dari Motivator ke “Gampang Lupa karena Otak Menyusut”
team bangun rumah mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

makasieh gan saya baru tau setelah baca ini,,,,trus sharing y gan n salam kenal aj,,,,,

wawank mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Makasih infonya....,

Meriahkan Pesta ulang tahun Bersama GarudaFood mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Mengerikan sekali ya Zal kalau kita akhirnya menjadi pikun dan pelupa apalagi kalau sebelum waktunya

pro bangun mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

makasieh info nya.....salam kenal y....

Awesome Travel Corner mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

kalau masih usia produktif gak mungkin terjadi penyusutan volume otak kan?

Script web mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

bermanfaat banget infonya. smoga otak ku gk bermasalah deh, kan gawat juga tuh klo ampe lupa ma anak2 nya. wkwkkw

team arsitek indonesia mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

makasieh infonya sngat bermanfaat sekali ,,,salam kenal

Catatan Ngeblog mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Haduch.... kenapa saya kadang lupa? hehe...
Makasih ilmunya Sob... :)

VIVA mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Wah makasih infonya... artinya kita harus selalu merasa siap untuk itu, semakin lama tambah usia kita....

menambah tinggi badan mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

mas saya mau anya , apakah onani itu dampaknya juga membuat pikiran mudah lupa ? karena saya mendapat info dari beberapa artikel kesehatan , kalau onani juga dampaknya pada penyusutan ingatan pikiran , bagaimana tuh mas ?

Dreamland Beach mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

wow...nice infonya broo,,,

xamthone plus mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

hmmm... saya masih 18 thn juga suka lupa.. kenapa ya?

obat alami asam urat mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

iya.. nenek saya juga udah lupa ama temen" sd.a... hehe. itu mh wajar kali..
kadang dia juga lupa ama nama cucuc.a sndiri...hihi

obat herbal darah tinggi mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

pantes aza usia orang tua yang udah masuk 60 tahun sering lupa,,mungkin karena itu faktor umur yang otaknya akan menyusut setiap tahunnya,,

cara mengatasi penyakit mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

pencerahan baru nih jadi nambah wawasan,,,sangat bermanfaat sekali,,makasih dan sukses trus,

perawatan gedung mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

makasieh infonya sangat bermanfaat sekali ini,,,

Trik Internet Gratis | Tips Gratis Internet mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

betul sob setuju

Cara Mengetahui Artikel Yang Di Copy Orang mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

tapi dari banyakpikiran dan sering melamun juga bisa pelupa loh

Trik Sms Gratis | Sms Gratis Melalui Internet mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

betul juga si

Membuat Blog Menjadi Dofollow | Cara Membuat Blog Dofollow mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

sip gan

Mari Berkomunitas Di Faceblog mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

saya sekarang masih muda tapi kok saya pelupa?

solusi pengobatan asam urat mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

kita semakin tua seperti kembali ke anak kecil, mulai sikap dan yang lainnya....terima kasih mas atas sharingnya

Mercedes-Benz Mobil Meah Terbaik Indonesia mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Waduh padahal aku nih sering lupa apa otakku..

gamers mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

ada juga pengaruh ke makanan yg kita konsumsi sehari hari, kalau kita makan junk food/fast food lebih banyak ketimbang makan buah-buahan atau sayur-sayuran pastinya tidak akan ada supply vitamin dan mineral ke otak dan efeknya pasti cepat lupa pada usia muda..

saya share game yg bgs nih,,

HON Indonesia
Forum Gamers
Gta Indonesia
Aion Indonesia

xamthone plus mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

yapz...

terimakasih atas infonya,, sekarang saya jadi lebih tahu...

jelly gamat mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

owh ternyata seperti itu ya prosesnya...

ada solusinya gak biar ga cepat lupa..??

Obat sakit pinggang mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

wahh...

saya juga pernah denger sebelumnya waktu training,,

Jelly gamat mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

wah ane baru tau gan , di sangka saya penurunan otak itu cuman sudah usia 70 ke atas gitu, hehe, makasih banyak ya gan

parfum mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

nice info gan,,,, jd banyak pengetahuan baca blog ini :)

rudi cisara mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

wah semkin tambah bertambah umur,, apakah bisa berkurang daya ingatnya.. apa itu sangat pengaruh?

obat tradisional batu ginjal mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

kemungkinan saya juga akan pikun dong nanti klo dah jadi nenek...

pemutih wajah mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Baru tau klo ada penyusutan otak
thx infonya

harga jam tangan mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

ternyata otak kita bisa nyusut juga yaa..
serem juga..
:(

obat alami kanker darah mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

heuheuh,,,
takut klo gitu,,,,
bisa di cegah ga biar ga menyusut??
heheh

blogilicious fun makassar mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

otak bisa mneyusut juga yah kang?

XAMthone plus mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

wah ternyata semakin tua otak juga berkurang yah

mercedes-benz mobil mewah terbaik indonesia mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

aku kira menyusut berkurang he.he ternyata ada sesuatu ya di dalam otaknya

BATU GINJAL mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

oh jadi gitu,,

jadi tambah ilmu nih,,

thank ya sobt..

batu ginjal mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

ok juga gan info nya...

tapi bner gk tuh otak bisa menyusut?

hehehe

yopie mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

hahahahaha..
kalo sekarang meskipun masi muda, tetep aja lupa an gan, ane ini contohnya
masih muda
tapi sering pikun
heheheh

ASAM URAT mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

ok juga gn info nya..

jadi nmbah ilmu nih,,

thank ya sblum nya

miom mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

terima kasih atas infonya semoga sangat bermanfaat untk semuanya.lam kenal aja.langsung aja ke tkp gan.

maag kronis mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

infonya mantap artikelnya juga oke,langsung aja ke tkp gan lam kenal aja.

darah tinggi mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

infonya makasih banget udah sharing nih,bermanfaat untuk semuanya .lam kenal aja.semoga sukses selallu aja.

asma mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

menmbah wawasan juga nih dengan infonya dan artikelnya juga bagus terima kasih,banget gan lam kenal aja kunjungan langsung ke tkp.

jerawat mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

dengan infonya jadi menambah pengetahuan dan sharingnya juga.sangat bermanfaat sekali.

poles marmer mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

makasieh gan saya baru tau setelah baca ini,,,,trus sharing y gan n salam kenal aj,,,,,

ASAM URAT mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

oh..
jadi tau nih...

mksih ya atas info nya..

obat alternatif kolesterol mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

maksih infonya semoga bermanfaat dan makin sukses

Gita Nurani mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Intinya pikun ya mas wkwkwkwkwkw

Aryo Seno mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

ada tips biar ga pikun?

jelly gamat mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

siipp..
pantesan nenek" & kakek" suka pada pikun..
heuehu

BATU GINJAL mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

oh jadi suka lupa otak nya menyusut,,

kalau gk lupa lgii otak nya kembali normal gk??

XAMTHONEPLUS mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

makasih buat info nya..
sangat berguna juga membaca postingan ini..


thank ya

XAMthone plus mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

wah ternyata otak juga bisa penyusuutan juga yah, makasih banyak buat infonya

obat ajaib mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

baru tau nih...

makasih ya buat info nya...

zakat maal mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

maksih infonya gan

xamthone mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

beneran gk?

ok juga info nya,,
sangat penting juga...



keren lah

JUAL OBAT HERBAL mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

dan akhirnya... manusia pun menjadi pikun. nice blog bro...

Mari Berkomunitas Di Faceblog mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Ngeri amat... saya gampang lupa.. jd takut otaknya nyusut... amit2 dehh

XAMthone plus mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

ane baru tau gan ternyata otak juga bisa daya penyusutan ya gan, makasih banyak buaty infonya nih

ppob mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

hmmmm, lalu solusinya yang tepat apa donk :D

Belajar SEO Pemula Carapada Blog mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

sering melek mpe malem berpengaruh gk ya dengn daya ingat...?makasih

Latest Mobile Phone mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Akhir" ini aq sering lupa.... pdhl umur jg masih tergolong muda... baru 21thn kox udaah kayak pikun ea.... apa aq jga kena penyusutan ?

xamthoneplus mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

oh jadi begitu ya,,
baru tahu nih...

tapi kata orang klw PELUPA itu tandanya punya dosa sama orang tua?

hehe

Swoyersville mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

ada ngga solusi biar otak kita tetap pada porsinya,,ngga menyusut. secara alami, tidak dengan obat-obatan.

ASAM URAT mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

jadi karena sering lupa berarti otak kita suka menyusut?

trus klw pikun sama gk?


MOHON PENJELASAN NYA?

kumpulan info-info menarik mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

owh. . .
Jadi gtu yah. .
Pantes bgt sya sering jadi org yg pelupa. .
Nice info gan. . . :)

xamthoneplus mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

berarti otak kita menyusut ya kalau lupa?

eumz..

kalau ingat lagi pasti kembali ke semula ya?

Specifications Latest Motorola TRIUMPH mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

info oke gan...

xamthone plus mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

emz pntezan z otak kita gampang lupa ternyata di sebabkan krn otak menyusut...
mkzh ya bwt info'y jdi tahu nih stlah membca artikel ini.

ASAM URAT mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

info nya sangat bermnfaat gan,,

jadi tau nih,,
kalau otak juga suka menyusut,,
hehe

penyakit jantung koroner mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

sangat berguna nih ilmu nya..
mksih ya buat ilmu nya...

Exitoo Store mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Lupa karena koneksi kurang kuat.. gaya hidup kita yg menentukan.. ga tua / muda hampir sama.. hny kita bagaimana menggunakannya

The Power of Mind

Exitoos mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Lupa karena koneksi kurang kuat.. gaya hidup kita yg menentukan.. ga tua / muda hampir sama.. hny kita bagaimana menggunakannya

The Power of Mind

elnicovengeance mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

aneh.. bisa menysut otak kita...

priagoenks mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

kalau saya malah susah untuk konsentrasi. entah ini gara2 otak menciut apa faktor lain

Mercedes-Benz Mobil Mewah Terbaik Indonesia mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Wah, bisa dicegah tidak ya?

Mercedes-Benz mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Tapi otak manusia kan memang tidak dipake semua, cuma 5-10% saja :)

herbal glukoma mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

penjelasan yang bagus dan sangat lengkap,makasih dah berbagi info nya,,

darah tinggi mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

berarti klo udah umur 60 thn ,,daya ingat kita akan berkurang dan menyusut,,,baru tau juga,makasih,,

obat alternatif asam urat mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

baru tau nih kalau otak juga bisa menyusut,,

kalau udah ingat lagi berarti gk menyusut lagi donk ?

bener gk ?

obat alternatif kanker prostat mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

baru tau nih kalau otak bisa juga menyusut..
hehe

Trik Internet Gratis Semua Operator Terupdate mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

owh. . .
Baru tau saya. .
Jadi makin brtmbh umur. .
Makin menyusut dan makin pelupa yah?
Haduh. .
Umurku udah 18 th neh. . .
Masa mkin pelupa?
Hehe,

Alasan Kenapa Bulan Berwarna Merah Saat Gerhana mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

kirain menyusut beneran..

Blenders Guide & Review | Blender Tips & Info mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

thanks for the information
see blenders.witanto.com for info about blenders

Banjarnegara mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

ngeri banget yang alzeimer :takut

Coretan Imtihan mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

semakin tua semakin menjadi pelupa itu hal yg biasa. Yg luar biasa kalo semakin tua semakin cemerlang ingatannya, hehehe....

obat alternatif kanker prostat mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

apa bner?

kok bisa ya?

berarti otak kita bisa jadi besar dan juga bisa jadi kecil...

obat tradisional asam urat mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

memang otak kita kalau tidak diasah dan dikasih gizi makin lama bukan malah makin pinter tapi makin tumpul...salam kenal dan semoga anda sukses

xamthone plus mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

emz jdi klw kita gampang lupa itu di sebabkabkan krn otak menyusut ya,,, baru tahu jg nih,,,
v klw trz menyusut berbahya gx bwt kesehtan?

xamthoneplus mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

keren nih info nya,,,
mksih ya..

sangat bermnfaat banget,,,

xamthone plus mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

ough bgtu ya,,,
mkzh ya bwt informasi'y.
saya jg terkdang suka pelupa,,mskipun mzih muda. hehe.......

Blogilicious Trah Yogyakarta mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

wuih ngeri mas... ternyata otak bisa menyusut ya... merinding saya mas....

obat alternatif mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

sangat berguna nih ilmu nya,,
thank ya ..

semoga bermnfaat :)

obat sinusitis mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

makin tua umur kita makin berkurang juga daya ingat kita,,,ternyata otak menyusut umur 60 tahunan ya,,baru tau

Menarik-Unic mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Wah Gan!

Bermanfaat juga nih Postingan.

Visit Back ya Sobat! :D

Belajar dari artikel hiburan, tips dan trik mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

kalau untuk mengantisipasi biar klau tambah tua gak gmpang lpa gmana ya..???

Penerjemah mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Informasi bagus sob... jadi tambah pengetahuan tentang otak kita kan,... moga2 ntar tua gak pikun :D

obat herbal paru-paru mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

mksih infonya, ternyata dampaknya besar banget

obat tradisional penyakit thalasemia mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

makasi infonya,,,

fajar mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Info yang menarik gan

pola pikir org sukses mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

berarti otak gw da mulai menyusut...cz da pelupa banget.nice info bro...

miom mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

terima kasih atas infonya semoga sangt bergunauntuk semuanya.

wuihh mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

kuncinya...kita memang harus jalani pola hidup sehat. ada banyak sekali sebab penyusutan otak yang tidak normal...Mudah2an tidak terjadi pada kita.

Thanks infonya

CCTV Surabaya mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

nice info... keep posting.. :)

allthewin mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

informatif banget tulisannya mas

obat herbal alami stroke mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

ada yang bilang klo penyakit lupa itu penyebabnya adalah karena dosa sam orang tua.
bisa tidak??

obat herbal alami nyeri lambung mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

klo kopi pengaruh ga sma daya ingat kita??

wahidin rahmadi mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

makasih atas infonya. . . ini berguna buat pengetahuan saya . . . terus semangat gan. . .
kunjungi balik gan. .

makasih.

Liga Super Indonesia mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Ternyata otak bisa menyusut juga ya....thanks udah sharing.

Seputar Dunia Wanita mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

salam kenal........

Mercedes-Benz Mobil Mewah Terbaik Indonesia mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Waduh ngeri juga ya ngebayangin otak kita yg bakal menyusut?

obat tradisional gagal ginjal mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

oh...begitu yach...
terima kasih atas bahasan nya...

Petuah Bisnis Online mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

terimakasih info otak kusut eh menyusutnya

Asmara Susanto mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

ijin nyemak

Asmara Susanto mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

gan tukeran link link ente uda ane pasang ane harap ente pasang balik link ane okeh???

Mr. Andre Golvano mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

waduhh.. ternyata otak bisa menyusut juga ya...

sehat alami mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

wah wah ,,,
jadi takut nih...

jadi tambah ilmu nih..
terima kasih atas postingan nya..

:)

» NSX™ Blog (Habil DS) mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

otak gue nyusut oyy!!
ahahhaha

agen xamthone plus tangerang mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

ough bgtu ya, baru tahu jg nih,,
mkzh banyak bwt info'y sangt bermnfaat sekli.

Amikom Blogger Community Goes To Karimunjawa mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

nice info,, bisa di sharing lagi artikel lainnya, agar kita ga mudah ingatan bro. thanks

learn forex mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

dengan membaca, membuat otak terus bekerja dan tidak akan menyusut...penyakit alzaimer pun akan jauuh :)

agen xamthone plus banjarmasin mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

saya baru tau tuh..
v saya pikir sebelum umur 60thn juga udh mengalami penyusutan,, v tu cuma perkiraan aku saja sii...

Agen jelly gamat gold-g jakarta mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

wsaduh sob ternyata otak juga mengalami apenyusutan juga yah, hehe, makasih banyak atas infonya semoga bermanfaat gan

Agen Gamat mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

nice info gan....

mksihhh banyak!!!

Obat herbal jantung koroner mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

thanks gan infonya....

Data Mobile Phone mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

mantap nich info makasih gan

Dufollow Blog mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

walking" kawan

Health Care Solution mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

maaaaaaaaaaaaanntap infonya ijin copas gan

Berita Terbaru mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Tips2 untuk menghindari penyusustan otak gimana ya? hal ini pasti dialami semua orang atau hnya pada orang tertentu saja?

obat diabetes mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

ough bgtu ya penyebab lupa,,
mkzh ya bwt info'y sangt menambah pengetahuan baru lagi nih,,

obat herbal asam urat mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

oh ternyata bisa juga yach...menyusut....

Live mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Thank you for sharing this useful info.
That is a great post. Thank you. Looking forward to more
Livebuffer

agen gamat mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

terima kasih banyak,atas info nya

PASANG IKLAN BARIS GRATIS mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Wah seram banget pake acara menyusut. Otak 95% air, jadi minum banyak-banyak air deh

agen jelly gamat tangerang mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

waduh saya baru tau nih gan,,,

jelly gamat tangerang mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

thank gan...

jelly gamat tangerang mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

info nya sangat beguna gan...

obat herbal xamthone mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

wah.......saya baru tau nih gan........thanks yah atas infonya....

Software Akuntansi mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

wah saya belum tau sebelumnya..., trimakasih y sharingnya.

agen xamthone plus bengkulu mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

mksih bnyak share ilmunya,.

agen xamthone plus samarinda mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

saya baru tau ternyata itu lhoo penyebabnya,
mksih bnyak yaa

mr.ang mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

moga otak ku gak menyusut... hehehe...

pembalut sehat mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

wah kalau kecil bisa besar lagi ga ya? saya kayaknya otaknya mengecil nih. muda2 pikun hihihi

Meriahkan Pesta Ulang Tahun Bersama Garudafood mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Oh ternyata otak bisa menyusut ya bro, baru tau aq... harus banyak mengkonsumsi 4 sehat 5 sempurna nieh :)

obat herbal alami disfungsi seksual mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

thanks info nya,semoga berguna buat ku

agen xamthone plus bandung mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

waduh kalau menyusut berabe gk gan?

agen xamthone plus cirebon mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

info nya menarik untuk di simak gan,,
hehe

agen jelly gamat makassar mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

mnataaap gan,,

agen jelly gamat tegal mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

gawat juga ya gan?

obat herbal thalasemia mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

terus kalau menyusut ada efek nya gak gan?

hehehe

nice post gan,,,

terima kasih sblumnya

yanst3r mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

tapi juga tidak sedikit orang yg belum masanya utk tua tp sdh pikunan..

dean mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

baru tau ni, makasi buat informasinya .. :)

LINTAS TERBARU mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

hahahaha... wah otaknya jadi kerdil ya :D

flynews mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

thx buat infonya sob

Download Software gratis mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

maka nya banyak makan makanan bergizi

list of xbox 360 games mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

weleh2 ternyata otak bisa menyusut juga....

Harga atap baja ringan mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Tks ya infonya sgt berguna, salam kenal...

agen xamthone plus bandung mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

widehh serem juga ternyta,
mksih bnyak share ilmunya

Agriculture Product mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

makanan apa gan supaya otak kita tidak cepat menyusut.makanan apa gan supaya otak kita tidak cepat menyusut.

Obat Herbal Bandung mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

thanks infonya bro, satu point yang gak ada , jangan kebanyakan onani ..he..he..

blognadei | Departemen Agronomi IPB

xamthone plus mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

bener bangt mas....
jangankan orang lanjut usia, sekarang juga ank muda banyak lupa,, hehe

ac-elektrik mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

wah ini to sebabnya kalau tua kita mudah lupa

pengobatan kanker cerviks mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

makasih info nya sangat menarik....

kusnendar mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

baru tau aku

Toko Bunga Jakarta mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Wow! berarti otak kita makin tua makin mengecil ya?! baru tau nih!

Obat Alami Kanker Payudara mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

wah saya juga sudah mulai sering lupa nigh.
apakah penyusutan otak mempengaruhi kecerdasan ya?

free samples and freebies mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

i just wanna thank you for sharing your information and your site or blog this is simple but nice article I've ever seen i like it i learn something today.

arif mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

moga otak ku gak menyusut

Departemen Agrohort IPB mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

initnya, sich. jangan khusu buat lako-laki, jangan suka onani mulu ha..ha.. cepet lupa tuh.

bajumuslimbagus mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

berarti semakin umur tua makin bertambah pikun aduhh ga mau tua ahhh,, ada penawarnya ga yahh he2x,,thanks info2 nya

aplikasi android mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

wah baru tau otak bisa nyusut heee
thabk infonya

pawana mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Sering2 minum jus kulit manggis untuk menjaga kesehatan otak.

Reza raditya mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Waduh ane sering lupa, Gimana nih? :/

karmiati mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

saya dari kecil selalu minum vitamin untuk otak agar otak saya tidak menyusut,, memang vitamin penting sekali buat otak kita ya. salam teman

about business mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

jangan banyak" makan brutu..ntar jd pikun. .hehehe. jangan lupa kunjungi blogku juga ya..semoga makin sukses n lancar .amiiiin,,thanks n good luck:)

Kaya Dari Internet mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Wow baru tau saya ttg info ini, terima kasih ya buat nambah2 pengetahuan :-)

isomwebs mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

owwh... jd gtu toh alasanya,,,,, makasih sob....infonya.

Artikel unik mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

saya juga sudah mulai sering lupa nih kenapa ya ? padahal usia masih kepala 2 kok

sports news mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

wah, serem juga ya..

WETWEW mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

WEW, serem ~~

harus rajin jalan-jalan

TOP 1 Oli Sintetik Mobil-Motor Indonesia mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Saya baru tau sob, makasih ilmunya,

obat alternatif penyakit tipes mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

makasih buat informasinya
sangat bermanfaat

Plipeo mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

mampir blik utk tips bagaimana meningkatkan traffic blog dengan mudah...

jasa impor mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

o0o seperti itu ya ... hemmm bagaimana ya cara menanggulanginya

jasa custom clearance mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

tapi mungkin jika otak sring di latih maka penyusutan itu bisa di kurangi .??

gedung pernikahan di jakarta mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

jadinya tulait tulait hehe

Computer Solutions mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

hmm...
harus sering2 diupgrade nih otak kita..
biar gak menyusut..

henry mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

ow, otak menyusut toh

bisnis mahasiswa mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

informasi yang bagus gan

iwank mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

info yang menarik

agen xamthone plus bandung mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

sip mas..
thanks infonya ..

jual obat herbal mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

ooooh.....
mantep nih,
makasih
infonya berguna skali

agen obat herbal mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

makasih banyak gan...

jual obat herbal maag mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

top markotop
makasih

jual obat pelangsing mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

makasih nich infonya
bermanfaat skali

agen obat herbal mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

sippp
makasih

agen obat alami mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

top banget
makasih

xamthone mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

info yang sangat bagus dan membantu saya ........

«Paling tua ‹Lebih tua   1 – 200 dari 287   Lebih baru› Terbaru»

Poskan Komentar

Jika ada kritik dan saran tentang blog atau artikel ini silahkan komen...bro,,,and jangan SPAM .

[[ Bagi Pengguna Ponsel,Silahkan Klik Disini ]]

Maybe ?


Intermezzo

Recent Comment

 

Sahabat Ku

Tukeran Link & Banner Yuk

MUHAMMAD RIZAL (IK)
Rizal Blog