Blog File

Time Is Money

Alexa Info



Review www.mu-ri.blogspot.com on alexa.com

Blog Directory

Blog Protected


myfreecopyright.com registered & protected

Senin, 02 April 2012

Perbedaan Ilmu dan Pengetahuan



Kesadaran manusia secara garis besar terbagi atas tiga dimensi yang amat penting. Pengalaman, perasaan dan pengetahuan. Ketiga dimensi itu berbeda secara substantif tetapi sangat saling berkaitan.
Pengetahuan adalah apa yang diketahui oleh manusia atau hasil pekerjaan manusia menjadi tahu. Pengetahuan itu merupakan milik atau isi pikiran manusia yang merupakan hasil dari proses usaha manusia untuk tahu. Dalam perkembangannya pengetahuan manusia berdiferensiasi menjadi empat cabang utama, filsasat, ilmu, pengetahuan dan wawasan. Untuk melihat perbedaan antara empat cabang itu, saya berikan contohnya: Ilmu kalam (filsafat), Fiqih (ilmu), Sejarah Islam (pengetahuan), praktek Islam di Indonesia (wawasan). Bahasa, matematika, logika dan statistika merupakan pengetahuan yang disusun secara sistematis, tetapi keempatnya bukanlah ilmu. Keempatnya adalah alat ilmu.
Setiap ilmu (sains) adalah pengetahuan (knowledge), tetapi tidak setiap pengetahuan adalah ilmu. Ilmu adalah semacam pengetahuan yang telah disusun secara sistematis. Bagaimana cara menyusun kumpulan pengetahuan agar menjadi ilmu? Jawabnya pengetahuan itu harus dikandung dulu oleh filsafat , lalu dilahirkan, dibesarkan dan diasuh oleh matematika, logika, bahasa, statistika dan metode ilmiah. Maka seseorang yang ingin berilmu perlu memiliki pengetahuan yang banyak dan memiliki pengetahuan tentang logika, matematika, statistika dan bahasa. Kemudian pengetahuan yang banyak itu diolah oleh suatu metode tertentu. Metode itu ialah metode ilmiah. Pengetahuan tentang metode ilmiah diperlukan juga untuk menyusun pengetahuan-pengetahuan tersebut untuk menjadi ilmu dan menarik pengetahuan lain yang dibutuhkan untuk melengkapinya.
Untuk bepengetahuan seseorang cukup buka mata, buka telinga, pahami realitas, hafalkan, sampaikan. Adapun untuk berilmu, maka metodenya menjadi lebih serius. Tidak sekedar buka mata, buka telinga, pahami realitas, hafalkan, sampaikan, secara serampangan. Seseorang yang ingin berilmu, pertama kali ia harus membaca langkah terakhir manusia berilmu, menangkap masalah, membuat hipotesis berdasarkan pembacaan langkah terakhir manusia berilmu, kemudian mengadakan penelitian lapangan, membuat pembahasan secara kritis dan akhirnya barulah ia mencapai suatu ilmu. Ilmu yang ditemukannya sendiri.
Apa maksud “membaca langkah terakhir manusia berilmu” ? Postulat ilmu mengatakan bahwa ilmu itu tersusun tidak hanya secara sistematis, tetapi juga terakumulasi disepanjang sejarah manusia. Tidak ada manusia, bangsa apapun yang secara tiba-tiba meloncat mengembangkan suatu ilmu tanpa suatu dasar pengetahuan sebelumnya. Katakanlah bahwa sebelum abad renaisansi di Eropa, bangsa Eropa berada dalam kegelapan yang terpekat. Karena larut dalam filsafat skolastik yang mengekang ilmu dan peran gereja. Para ilmuwan dan para filsafat abda itu tentu memiliki guru-guru yang melakukan pembacaan terhadap mereka tentang sampai batas terakhir manusia berilmu di zaman itu. Ilmu kimia abad modern sekarang adalah berpijak pada ilmu kimia, katakanlah abad 10 masehi yang berada di tangan orang-orang Islam. Dan ilmu kimia di abad 10 masehi itu tentu bepijak pula pada ilmu kimia abad 3500 tahun sebelum masehi, katakanlah itu misalanya dari negri dan zaman firaun.
Jadi seseorang yang ingin berilmu manajemen, misalnya, maka ia harus mengumpulkan dulu pengetahuan-pengetahuan mnajemen yang telah disusun sampai hari kemarin oleh para ahli ilmu tersebut dan merentang terus kebelakang sampai zaman yang dapat dicapai oleh pengetahuan sejarah.
Cara praktis, cepat, kompatibel, kredibel, aksesibel, dan lain-lain bel positif lainnya, untuk berilmu ialah dengan sekolah formal, dari SD hingga S3. Beruntunglah kawan-kawan yang bisa meraih gelar sarjana. Gelar magister dan seterusnya. Memang sekalipun gelar sudah s3 tapi koq masih terasa haus juga terhadap ilmu. Itu karena ilmu yang ada pada dirinya sebenarnya barus sedikit dari khazanah ilmu yang pernah disusun manusia, sedang disusun, dan apalagi jika dibanding dengan ilmu di masa depan sampai haru kiamat nanti.

Komentar :

ada 154 Komen Dari Motivator ke “Perbedaan Ilmu dan Pengetahuan”
Muhammad Rizal mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

CEK JHI

heni nuraeni mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

makasih buat info nya , bermanfaat banget nih .
karena rata2 orang itu menyamakan antara ilmu dan pengetahuan :)

Suy mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

lalu bagaimana dengan ilmu supernatural? bagaimana kah saya ra pembesaran ilmu ini tidak melalui perhitungan matematika, logika, dan kadang kala sama sekali jauh dari ilmiah

urang lembur mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

posting yang menarik... terima kasih... | kerja sampingan

nas_phie mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

owhhh,,,,,melongo nih baca ini,,karena saya pun sering salah mengartikannya,,hehe,,terima kasih buat infonya

Ardhian mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

makasih gan buat perbedaan ilmu dan pengetahuannya...
:D

dhamztidung mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

oh ternyata beda ya antara ilmu dengan pengetahun.. hmmm mantab gan! sukses selalu gan... :)

salam,
tidung

Buka Mata mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

ternyata beda ya antara ilmu dan pengetahuan. artikel yang bagus. Salam kenal (Buka Mata)

PadangHotel Luxurious Hotel in Sumatra mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Makanya ada pepatah "Tuntutlah Ilmu..," bukan "Tuntutlah Pengetahuan..," :D nice share brow

Tikha Dewi mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

oleh karena itu ilmu sangat bermanfaat buat kita, Allah akan mengangkat derajat orang yang berilmu...
Tanda-Tanda Kehamilan

Rackmountsales mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

I visited your website, the information which you have shared in your site is very much standard and appearance of pages is very intelligible.

Rackmount Monitor

Kang Asep mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

heheheeh emang biasanya saya beranggapan ilmu dan pengetahuan sama saja, eeeh setelah baca ini ternyata beda, nice share,,,

wilujeng ngeblog

Katon Surya Atmaja mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Wah Info Menarik ,,
Salam Kenal ya !!

Numpang ya.
ada info tentang mio-j
http://katonsurya.blogspot.com/2012/05/motor-matic-injeksi-irit-harga-murah.html

Mas Yudha mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Baru tau yang seperti ini... saya harap anda mau berkunjung je Dunia Para Blogger

Mahfud mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Kalo Ilmu pengetahuan apa ya?

sehat-itu-pilihan mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

oh beda juga ya,,,, kirain sama satu jenis,,,,

Muh. Akbar Ilyas mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

ilmu ini hanya didapati di mata kulah filsafat ilmu... maksih infonya... muhakbarlyas[dot]blogspot[dot]com

Asal Asah mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

mantaapp.. ane suka bacaan bginian.. tntang ilmu, memang sangat luas dan mendapatkannya bukan secara tiba-tiba. bagus gan... ane jadi semngat membaca :D

jodhi23 mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

wah, hebat bgt postnya

Pusat K-pop mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Tips Kesehatan

Download Film mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

emang berbeda bro, klo orang punya pengatahuan pasti dibilang itu ilmu,tp ilmu belum tentu jadi pengetahuan...haha ribet emang

http://www.freemoviefor.us

firman rudiansyah mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

mantap mas bro
cara menyembuhkan stroke

firman rudiansyah mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

mantap gan
obat vertigo herbal

firman rudiansyah mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

mantap mas bro luar biasa sekali tuh informasinya...

firman rudiansyah mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

luar biasa sekali ..

cara mengobati penyakit lupus

firman rudiansyah mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

oh gitu yah perbedaan nya aku baru tahu niyh ..
obat gagal ginjal herbal

firman rudiansyah mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

izin berbagi kata kata motivasi yah...
Dalam hidup, kamu harus menyadari, kadang orang yg paling kamu inginkan, adalah orang yg buat hidupmu lebih baik jika tanpanya
semoga bermanfaat !!

pengobatan penyakit vertigo

omenkasep12 mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

udah lama gag blog walking ! izin berbagi kata motivasi yah .
Sukses tak akan datang bagi mereka yg hanya menunggu tak berbuat apa-apa, tapi bagi mereka yg selalu berusaha wujudkan mimpinya
semoga ini bermanfaat bagi kita semua.
obat kanker usus

Edo Damara,S.kom mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

thankyu..informative.. [;)] Great post!.. keep the posts coming & i will keep reading them. thank for help them. Great blog dude! I just linked to this post on my Delicious. Keep it up!

By:www.batamia.com

Ray Ferdian mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

berkunjung terimakasih atas infonya baru tahu saya perbedaan ilmu n pengetahuan. FOLLBACK ya (258)

omenkasep12 mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Lebih mudah untuk melawan ribuan orang bersenjata lengkap dibandingkan melawan kesombongan diri sendiri.
Obat Infeksi Saluran Kemih Herbal

Darmawan Saputra mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

wah.. bagus sekali infonya :D
sunggu bermanfaat sekali :)
ijin bookmark ya :D

Ditunggu loh kunjungan baliknya :D


#Semoga Sehat Selalu :)

omenkasep12 mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Yang kemarin, hanya ada dalam ingatan. Untuk besok, hanya kamu yang mampu dengan harapan. Yang sekarang, ini adalah yang sebenarnya. Dimana kamu harus terima, dengan penuh kesadarannya. Siapa sekarang yang tidak ingin membuka mata, besokpun akan tetap buta.
obat keputihan

omenkasep12 mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Jangan mencari yg sempurna tuk dicinta, karena kamu mungkin kehilangan dia, yg meski tak sempurna, tapi mampu buatmu bahagia.
Obat Kanker Kelenjar Getah Bening Herbal

omenkasep12 mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Hidup ini pilihan. Kamu yg sekarang adalah pilihan yg kamu ambil di masa lalu. Bijaklah dalam memilih langkahmu selanjutnya.
Obat jantung koroner

omenkasep12 mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Bahagia bukan berarti segalanya sempurna. Bahagia adalah ketika kamu memutuskan tuk melihat segala sesuatu secara sempurna.
Obat Vertigo Herbal

omenkasep12 mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Jangan terlalu memikirkan masa lalumu, kini mereka hanya kenangan. Tatap masa depanmu karena disanalah impian.
cara mengobati penyakit jantung

omenkasep12 mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Jangan pernah biarkan kesedihan di masa lalu membuatmu takut tuk menerima seseorang yg baru. Percayalah kata hatimu.
obat keputihan

omenkasep12 mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Tertawa membuat sistem imun dalam tubuh meningkat, dan untuk 17 menit tawa, akan memperpanjang hidupmu selama 1 hari.
Obat Kanker Payudara Herbal

melisa1212 mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Mendengarkan musik favorit akan melebarkan pembuluh darah, sehingga meningkatkan aliran darah.
Cara pemesanan xamthone plus

Miichaell Andre Steven mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

bermanfaat gan
thanks for posting
salam kenal ajaa

omenkasep12 mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Jangan pernah mengeluh atas kekuranganmu, karena kekurangan mengingatkanmu untuk terus mencari kekuatan yg ada dalam dirimu.
Obat Mioma Uteri

omenkasep12 mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Jika target obsesi itu baik, maka memiliki obsesi bukan hanya baik, tetapi harus. Karena motivasi dari sebuah obsesi sangat kuat.
obat kista tradisional

Tikha Dewi mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

thanks atas infonya gan,, infonya bermanfaat..
Manfaat Daun Sirsak

Belajar Internet mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

wahh!! memang sangat bermanfaat gan, karena terkadang orang mengatakan bahwa ilmu dan pengetahuan itu sama. seperti contoh Ilmu pengetahuan alam

Belajar Internet mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

keren....

tosulbar.com mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

wah sangat bermampaat, tambah ilmu ni Fairbet88.com dukung fairplay euro 2012

hany pertiwi mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

wah post yang bagus maksih gan share artikelnya
KEAJAIBAN DUNIA

Blogger Jakarta mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Mantap artikelnya. Thanks for share. Jam Tangan

Richie BINADIKA mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Ikut menyimak artikelnya gan :-)

Salam,
Outbound

Muhammad Rizal mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

,,,,,,,,,,

Wawan Kurniawan mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

apa nama emailmu? Bisa kau bantu saya untuk admin di IA4..??

Tolong inbox di fb, atw komen di blogku.

Web Komputer mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Infonya menarik mas. Postingannya memberi pencerahan tentang makna ilmu dan pengetahuan

widia lestari mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

ilmu sma pengetahuan bda ya??

ikut share ya :
obat herbal batu ginjal
obat herbal batu ginjal
obat herbal jantung koroner
obat herbal leukimia



Michael Steven mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Masih sulit membedakan keduanya

salam

arie triyadi mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

owh itu ya perbedaanNya, saya malah baru tahu..

salam kenal buat adminya fokus herbal

Darmawan Saputra mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

artikel yg patut diacungi banyak jempol serta tampilan blog yg sangat serasi dengan tampilan artikel, sungguh membuat pengunjung betah berlama lama disini dan tak heran juga blog ini selalu dibanjiri banyak pengunjung...


#Salam Sehat Selalu

tegar gar mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

berarti pengetahuan dulu ya gan yang pertama, sesudah itu baru ilmu..!

Anwar madara mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Mantap
teknologi informasi

Herman Bagus mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

makasih sob atas shrenya, artikelnya bagus

ali chester mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Owh gitu kang.
Bermanfaat kang.

Salam dua jari.

By: http://aligretz.heck.in/

Darmawan Saputra mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

hm,, keren artikelnya sob..
dan templatenya keren juga..

#Salam sahabat dari saya

Boss Admin mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Gunakan ilmu dan pengetahuan kita secara bijak...

RRF-Online

anggi pradiska abadi mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

ane kaga pinter matematika gemana tuh gan, tapi ane suka bikin kaya model puisi, cerita dsb

mampir
pennakeriing.blogspot.com

KalempKud mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

salam blogwalking sob, selamat nge-blog ria
prediksi hari ini

Moh Saifullah mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

mantepppp thank gan, salam kenal kunjungan balik catatan google

nando mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Thanks Gan atas informasi salam dari kita, toko bunga

badar bala mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

manusia memang harus bisa memahami apa yang ada di dunia ini gan,, mantap,, Agen 338a salut..

Diaz Allan mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

ente emang bijak gan, salam kenal ane Diaz Allan blogger blitar

Bayu Setiawan mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Salam kenal sob.. ane titp jemuran ya..?
Software Toko Program Kasir Terbaik

yuspian chandra mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Madingkerja | Mading Kerja | Lowongan Kerja Seluruh Indonesia Terbaru | Lowongan Kerja Sumatra | Lowongan Kerja Padang | Lowongan Kerja Pekanbaru | Lowongan Kerja Terbaru

gan bisa bagi bagi backlink ga? blog ane http://madingkerja.blogspot.com email ane yuspianchandra@gmail.com

Tata gunawan mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

sepertinya beda tipis pengertiannya menurut saya sebelumnya, ternyata pengetahuan berada dlm lingkupan ilmu ya

obat tradisional kanker Otak mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

semua hal itu tentu sangat berkaitan ,,yang mnjadi permasalahannya sekarang adalah bisa atau tidaknya kita dalam menyeleraskan semua itu

Tutorial Komputer mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Menurut pendapat saya:

Ilmu adalah apa - apa yang dipelajari oleh manusia sedangkan Pengetahuan adalah apa - apa yang diketahui oleh manusia

Ekiosku.com Jual Beli Online Aman Menyenangkan mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

pokonya sama sama bermanfaat deh,,,gak tau bedanya

cara mengobati jantung koroner mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

ilmu harus di salurakan

Yusuf mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Wah, tulisan anda mencerahkan saya. Terima kasih bahwa saya semakin sadar bahwa saya harus lebih banyak belajar lagi.

Andi mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Sebelumnya saya mengira ilmu pengetahuan itu adalah sama. Tetapi tulisan anda memberi saya gambaran yang jelas. Thanks Friend

haidar mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Makasih gan atas infonya,jadi saya sekarang mengerti perbedaannya.

obat hepatitis c mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

tengs sob

Downest mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Thx atas infonya sangat bermanfaat dan menarik.inilah postingan yg saya suka.lanjutgan

Hendri Prastio mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

informasi yang sangat bagus sob,,,bermanfaat sekali,,,ditunggu karya" terbaiknya,,,hanks..dan mohon dukungannya untuk lomba seo sob..:
Ekiosku.com Jual Beli Online Aman Menyenangkan
Commonwealth Life Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik Indonesia

tips mencegah diabetes mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Jadi begitu perbedaanya,makasih gan infonya.

Peluang bisnis Online mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

thanks..
sangat berguna..
pernah di tnya saya sama gru tentang ini..

Jual Tas Ransel Murah mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

thanks banget sangat berguna

Obat Hepatitis C mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Ilmu memang tidak akan pernah ada habisnya...
carilah imlu sampai kita mati..

Obat Alami Maag Kronis mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Rata rata orang terkadang menyamakan antara ilmu dan pengetahuan.

Obat Alami Maag Kronis mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Lebih baik ilmu daripada pengetahuan,tapi pada dasarnya sama saja.

Migrain Headache mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Hampir sama aja.

Vendor Tas mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Nice info sob, sangat bermanfaat sekali ilmu nya..

roniy antoni mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

banyak terdapat perbedaan pengetahuan dengan ilmu
Contohnya aja tulisannya

http://lookme.mywapblog.com

Obat herbal stroke mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

memang beda sih sob tapi hampir sama :D

Obat alami kanker payudara mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

nice info nih gan,,, sukses slalu

cara mengobati kanker usus mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

sanagat banyak perbedaan ya

penyembuhan kanker kelenjar getah bening tradisional mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

perbedaan nya sangat banyak gan,, nice share info

Ekiosku.com Jual Beli Online Aman Menyenangkan mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Selama ini aku sangka Ilmu & Pengetahuan beda tipis. Setelah baca posting ini barulah jelas perbedaannya. Thanks kawan karena udah sharing.

cara mengobati infeksi saluran kemih mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

sanagat banyak manfaat membaca artikel ini

obat jantung koroner mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

informasi yang sangat bagus nih gan

Universitas Esa Unggul mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Nice Post mengenai perbedaan ilmu dan pengetahuan

Mata menjadi tersadar

izin Promo ya
Universitas Esa unggul merupakan Universitas terbaik swasta terbaik di Jakarta
Proses pendaftaran mahasiswa juga dapat dilakukan dengan melampirkab beasiswa

Universitas Esa Unggul terdapatprogram reguler dan kelas karyawan bagi orang yang sudah bekerja dan tentunya tidak akan menggangu aktifitas kantor anda dengan kuliah anda.

Universitas Esa Unggul Terletak di
Jalan Arjuna Utara No.9, Kebon Jeruk
Jakarta Barat 11510
Phone : 021 - 5674223 (hunting)
021- 5682510 (direct)
Fax : 021 - 5674248

Terima Kasih


pengobatan alami jantung koroner mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

thank banget nih gan atas informasinya

ahmad fauzi mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

artikel yang menerik bedanya ilmu dan pengetahuan. bagaimanpun juga keduanya penting bagi kita

Obat herbal penyakit mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

sangat bermanfaat gan infonya, jadi menambah pengetahuan buat saya :)

obat herbal ace maxs mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Makasih , sangat membantu untuk menambah wawasan..

ekiosku.com jual beli online aman menyenangkan mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

saya hanya dapat membaca. belum bisa berkomentar tp alangkah baiknya jika berilmu lagi memiliki pengetahuan

Cara Untuk Mengobati Penyakit Ambeien Secara Alami mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Thankss bwt infonya..
semoga bisa bermanfaat
tpi bgus banget perbedaan ilmu dan pengetahuan..

agussidik mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

terkadang kita suka terkecoh tapi anda benar apa yang anda katakan, makasih gan pengetahuan saya jadi tambah ni,,lam kenal za dari saya yang selalu butuh pengetahuan

Berita Seru dan Unik mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Ilmu dan pengetahuan, kayaknya sama saja ya. Karena kata ilmu itu sendiri berasal dari bahasa Arab "ilmun" yang artinya pengetahuan. Kayaknya perbedaannya sangat tipis.

obat vitiligo mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

makasih nih udah ngasih tau :)

deda mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Memang Benar, Ilmu dan Pengetahuan sangat berbeda. Bisa kita lihat sekarang ini...

Kelestarian Sumber Air Minum mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

thanks buat infonya

taruhan bola online mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

ternyata ilmu dan pengetahuan saling berkaitan, karena tanpa pengetahuan kita tidak dapat ilmu

cara mengatasi disfungsi ereksi mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

oh ,, jd seperti itu ya perbedaannya ..

terima kasih infonya ya .. :)

obat tradisional kanker payudara mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

kita haru tau tentang perbedaan ilmu dan pengetahuan

jack mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 


I Like Your Artikel.. good Posting

CD Tutorial Komputer mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Menarik untuk disimak gan, Terima Kasih

simplify an algebraic expression mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

pengetahuan bisa didapatkan dari pengalaman, tidak hanya dari para guru, guru dapat terbantu pekerjaannya, karena siswa sudah mengalami di dunia nyata.Guru tinggal melanjutkan.

Pengalaman2 itulah yg menjadi pengetahuan.

alluky mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

info yang menarik

Pascalmatlab mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

permisi salam kenal

Tsiqoh Photography mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Hebat infonya, jadi ingat waktu SD...sukses selalu mas

Obat Herbal Demam Berdarah mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Gan sudah saya copas di blog saya,sukses selalu gan.

Ekiosku.com jual beli online aman menyenangkan mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

ternyata begiru yaaa
salah tafsir berarti selama ini
:)

makasi infonya

cara mengobati migren mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

salam kenal gan dan semoga sukses

Panduan Clixsense mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Siapa yang tidak kenal dengan Clixsense?
Sebuah PTC No Scam yang sangat direkomndasikan.
Saya yakin Anda semua sudah mengetahuinya..
Tapi bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jelas apa itu Clixsense?
Atau bagi Anda yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai Clixsense..
Silahkan ke http://www.panduanclixsense.blogspot.com/
Sebuah blog sederhana yang semoga bermanfaat

Kubagi Ilmu mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

menurut gua gan
kalo ilmu itu yang melekat dalam diri dan kepribadian kita,
tapi pendidikan hanya satuan kita untuk mencari ilmu contohnya padepokan atau pesantren.

Pengobatan Darah Tinggi mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Info yg sangat bermanfaat sekali gan
makasih banyak

Obat ace maxs mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

salam kenal gan dan smoga sukses

Yogie G. Kurniawan mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

ohh jadi gitu toh perbedaan ilmu dan pengetahuan, paham deh skrang, padahal skolah udah lama engga tau soal ini hehe :D

ace maxs mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

salam sehat gan

Holiday mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

bener juga nich tulisan, makasih ya.
Premium Wordpress Theme // Investment Guuide // Cheap TIcket // Play Online Game

Faris Arifiansyah mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

beda ya ternyata.. ane kira sama aja gan..

Ocu mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Kalau ingin dapat ilmu dunia bertemanlah dengan orang2 yang mempunyai ilmu dunia, jika ingin mendapatkan ilmu akhirat bertemanlah dengan orang orang yang tahu (ilmu) akhirat. jadi ilmu bisa jadi pengetahuan pada sesuatu yang tidak diragukan kebenarannya.

Pengobatan asam urat herbal mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

saya setuju banget gan.

Obat herbal gagal ginjal mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

menarik banget artikelnya. isi artikelnya juga sangat berbobot.

Pengobatan kanker paru-paru herbal mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Hebat banget nih bisa menyimpulkan perbedaan ilmu dan pengetahuan.

Blog Belajar Gitar mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

thaks gan,, membantu tugas sekolah saya hehehe..
liburan, malah dikasih tugas sama bu guru

Obat herbal darah tinggi mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

oh jadi seperti itu berbedaan.

Obat Ambeien mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

setuju deh sama gan.

Rully-SC | Berbagi Informasi dan Tips Terbaru mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Nice Article,,,,,,
Blog nya jga gx lelet


Kunjungan Balik Nya Saya Tunggu
Please Comment In My Blog

Cara Mendapatkan Uang dari Blog mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

waaww...ilmu 7 pengetahuan keren juga ulasannya

Cari Uang di Internet mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

waaww..nii share yg angat bermanfaat

Cara Mendapatkan Uang dari Internet mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

waawww.....muantap dahh

Cara Mencari Uang di Internet mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

nii menambah wawasan saya thanks y

pujakesuma mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

sebuah pemahaman yang menarik...

obat kanker payudara mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

hmmm sangat inspirativ,,,!!

obat alami kanker payudara mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

mantepp infonya kak..
makasih udh share.. :D

buka dulu mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

thanks infonya gan

sarang mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

wis mantep gan

biro umroh haji mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

ilmu yang bagus untuk dibagi... makasih sharenya

obat alami kanker payudara mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

makasih infonya ya... ^^

hienzo mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

baru tahu saya perbedaannya :)

obat herbal multi khasiat mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

waaahh ternyata berbeda ya antara ilmu dengan pengetahuan..saya kira itu sama saja...

cara mengatasi kanker prostat mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

artkel yang bermanfaat nih gan,,sekarang jadi tahuu apa itu perbedaan antara ilmu dengan pengetahuan...

Farhan Cyber4rt mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Terima kasih atas infonya :)

cara mengobati kanker prostat mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

bermanfaat sekali nich infonya

Poskan Komentar

Jika ada kritik dan saran tentang blog atau artikel ini silahkan komen...bro,,,and jangan SPAM .

[[ Bagi Pengguna Ponsel,Silahkan Klik Disini ]]

Maybe ?


Intermezzo

Recent Comment

 

Sahabat Ku

Tukeran Link & Banner Yuk

MUHAMMAD RIZAL (IK)
Rizal Blog