Blog File

Time Is Money

Alexa Info



Review www.mu-ri.blogspot.com on alexa.com

Blog Directory

Blog Protected


myfreecopyright.com registered & protected

Rabu, 23 Juni 2010

Cara menetukan Posisi atau Arah Kiblat



Arah kiblat Sudah menjadi prasyaratan dalam menjalankan ibadah shalat. Di mana pun umat Islam menjalankan Shalat, mereka harus berkiblat ke Kabah di Mekkah. Penentuan arah kiblat tentu tak masalah bagi mereka yang berada di dekat Kabah. Lalu bagaimana cara menentukan jika berada jauh dari tempat suci itu?

Upaya untuk menentukan posisi kiblat dapat dilakukan dengan berbagai cara. Usep menyebutkan, penentuan arah kiblat Masjid Al Mukhlishun di Griya Depok Asri, Depok Tengah, yang berdiri tahun 2001, menggunakan suatu kompas kecil berbahasa Inggris, dengan tulisan Latin dan Arab.

Pada alat penunjuk arah itu tertulis bahwa untuk Jakarta dan sebagian besar kota di Indonesia, arah utara jarum kompas harus menunjuk angka 9 sebagai arah kiblat.
Kenyataannya, survei arah kiblat yang dilakukannya di berbagai masjid besar di Jakarta memperlihatkan, kompas yang digunakannya menunjuk arah yang berbeda-beda di tiap tempat ibadah itu, berkisar dari 7,5 hingga 9.

Penentuan arah kiblat yang dipakai umumnya mengacu pada arah utara geografis sebenarnya, yang memakai arah kompas atau jarum magnetik yang disebut ”pencari arah Kabah”. Arah jarum magnetik di kompas mengarah berdasarkan kutub magnetik Bumi di kutub utara.

Ternyata arah utara magnetik Bumi itu berbeda di tiap kota dari waktu ke waktu. Hal ini dipengaruhi oleh rotasi Bumi. Penelitian menunjukkan arah utara magnetik terus bergeser sekitar 4,8 kilometer per tahun. Pada tahun 2005 pergeserannya mencapai 800 kilometer dari kutub utara sebenarnya. Pada 2050 diperkirakan utara magnetik Bumi mendekati Siberia.

Thomas, pakar astronomi dan astrofisika, mengemukakan bahwa ada penentuan arah kiblat yang menggunakan bayangan Matahari. Sekitar tanggal 26-30 Mei pukul 16.18 WIB dan 13-17 Juli pukul 16.27 WIB Matahari tepat berada di atas kota Mekkah.
Pada saat itu Matahari yang tampak dari semua penjuru Bumi dapat dijadikan penunjuk lokasi Kabah. Begitu pula bayangan benda tegak pada waktu itu juga dapat menjadi menentu arah ke kiblat.

Selain itu untuk daerah yang tidak mengalami siang, sama dengan Mekkah, waktu yang digunakan adalah saat Matahari di atas titik yang diametral dengan Mekkah. Waktu yang dapat dijadikan patokan penunjuk kiblat untuk wilayah tersebut adalah Matahari pada tanggal 12 hingga 16 Januari pukul 04.30 WIB dan 27 November hingga 1 Desember pukul 04.09 WIB.

Cara ini menurutnya paling mudah untuk mengoreksi arah kiblat, termasuk untuk garis saf di dalam masjid. Begitu mudah sehingga orang awam pun dapat melakukannya.

Komentar :

ada 39 Komen Dari Motivator ke “Cara menetukan Posisi atau Arah Kiblat”
Noor's blog (inside of me ) mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Wah makasih infonya mas, mudah2an dengan arah kiblat yang ibadah yang dijalani menjadi lebih lancar....

Salam hangat & sukses selalu...

secangkir teh dan sekerat roti mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

wah.. kalo utaranya dekat siberia bisa2 indonesianya ganti iklim..?

katanya sih kalo indonesia itu kisaran 22 juni baru pas mataharinya di atas kakbah..?

elok langita mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

kemarin kemarin waktu shalat di rumah tmen, elok salah menghadap kiblatnyaa... hiks hikss.. jadi mesti diulang lagi.

belum punya ilmunya waktu itu, sekarang ilmuny jadi nambah.. :D

Mkashy buat kunjungan dan komentarnyaa :D

tomo mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

form handphone ini memudahkanku kawan.thanks gan ya

tomo mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

sip cak.penentuan arah kiblat ini penting dan harus

uswah mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

berkunjung malam.arah kiblat untuk kau muslim ini wajib diketahui sob

Coretan Felix mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Kita harus jeli dalam menentukan arah kiblat apalagi jika kita sedang berada di hutan

Ari Serba Gratisan mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

wah... infonya keren bozzz,

Karlz mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

jadi tau banyak nich..
Thx udah d share

Ferdinand mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Wah kayanya pake KOmpas emank paling tepat tuh....tapi klo ga bawa kompas biasanya kira2 Sob..hhe.......

syukur2 bener kiblatnya haha....

Semangat Sob!!

akhdyo mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

panjang banget posting nya, ndak sempat baca langsung aja coment, yang pasti kiblat mokok nya searah sama imam

Narutopedia Layout - Excellent Blogger Templates mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Great Place to download unlimited templates blog with more themes and favorite colors to support the blogging activities and bring a lot of traffic

Majli mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Bagus sekali infonya....

Berita mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Ini dia yang banyak dicari umat muslim....OKE BANGETTTT

hanumuslem mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

wah makasih yaw... atas infonya.. jadi pada waktu shalat tidak usah bingung nentuin arah kiblat lagi..

aryadevi mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

ditempat kami pun, masih ada persoalan mengenai hal tersebut, tapi tidak sampai berdarah-darah dalam solusinya, walau sempat membuat jama'ah bingung, tapi sudah selesai..

tomo mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Thanks nih gan ya

Uswah mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Berkunjung sobat

Ipin mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

memeang saat ini kita masih tak perlu kompas untuk mencari kiblat..tingggal cari masjid udah tahu kiblatnya,...but this ok juga seeh.
thanks sob

oempak mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

klo saya sering pake arah bayangan matahari klo emg lg gatau arah kiblatnya kmn :)

Munir Ardi mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

posisi kiblat selalu bergeser ya sobat , terimakasih atas info yang sangat penting ini

dik mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

sip, infonya bermanfaat. Kalo sewaktu2 bingung nentuin, ane bakal nerapin beginian gan

darahbiroe mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

smoga kiblatq benar
amien

Dunia Muslimah mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Thanks infonya, bisa juga mengetahui arah kiblat dengan menggunakan google map atau google earth...

rizal mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

arah kiblat memang harus bener2 pas kalau tidak bisa2 kita salah arah

nuansa pena mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

Trims infonya, selamat berkarya dan sukses!

Fahma Nurika mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

wah thanks infonyaa

jack mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

tidak semua masjid arah kiblatnya benar karena mungkin masih ada yang sedikit melenceng. namun selama kita tidak tahu sepertinya sih sah-sah saja solat kita.

xamthone plus mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

hmm.. makash buat infonya ya...

obat alami asam urat mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

bermanfaat sekali...
nice share

obat alami darah rendah mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

bagus bgt,, menentukan arah kiblat memang tak semudah menentukan pilhan kiri atau kanan..

obat alami jantung koroner mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

thanks ya...
salalm blogger...
nice post..

ASAM URAT mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

info nya sangat berguna banget,,,

keren,,
mksih ya atas info nya...

asma mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

sangat bermnfaat nih..
terima kasih nih atas info nya..
hehe

obat herbal mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

mari kita belajar mengetahuii arah kiblat yg benar,,,

xamthoneplus mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

postingan ini sungguh berguna...
terima kasih buat info nya,,

obat herbal mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

kayak kita harus bener2 merapikan arah kiblat kita...

obat herbal stroke mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

ada gx yach aplikasi Hp untuk menentukan arah kiblat...

sadap handphone mengatakan... Reply To This Comment
pada hari 

oh begitu cara menentukan possisi kiblatnya ..
hmmm dicoba deh siapa tahu bisa

Posting Komentar

Jika ada kritik dan saran tentang blog atau artikel ini silahkan komen...bro,,,and jangan SPAM .

[[ Bagi Pengguna Ponsel,Silahkan Klik Disini ]]

ORDER TICKET NOW ..

ORDER TICKET NOW ..

CARI RUTE DAN HARGA TERMURAH

Maybe ?


Intermezzo

 

Sahabat Ku

Tukeran Link & Banner Yuk

MUHAMMAD RIZAL (IK)
Rizal Blog